Mengenal Plate Kapal Lebih Dalam, Mulai Dari Fungsi Hingga Materialnya!

PERAN DAN FUNGSI PLAT KAPAL

Fungsi plat kapal dalam konstruksi kapal sangat penting karena mereka membentuk dasar struktural dan berperan dalam berbagai aspek. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari plat kapal:

1. LANDASAN STRUKTURAL

Plat kapal membentuk landasan struktural atau kerangka utama kapal. Mereka membentuk bagian dasar badan kapal, lantai, dan dinding kapal. Keberlanjutan dan kekokohan plat kapal sangat penting karena mereka harus mampu menahan tekanan air laut, tekanan gelombang, dan tekanan yang berasal dari berbagai sumber dalam lingkungan laut.

2. PENUTUP RUANG

Plat kapal digunakan untuk menutupi ruang di dalam kapal, seperti kabin penumpang, ruang kargo, atau mesin. Mereka menciptakan struktur yang kedap air, yang penting untuk menjaga agar kapal tetap mengapung dan mencegah masuknya air laut ke dalam kapal.

3. STRUKTUR PEMBATAS

Plat kapal dapat digunakan sebagai struktur pembatas untuk memisahkan ruang di dalam kapal menjadi sejumlah sektor yang berbeda. Ini adalah bagian integral dalam desain kapal untuk memungkinkan fungsionalitas yang berbeda di dalam kapal.

4. DUKUNGAN PEMUATAN

Di kapal kargo, plat kapal harus mampu mendukung beban kargo yang besar. Mereka harus dirancang untuk menahan beban sekaligus memastikan distribusi yang merata.

5. KETAHANAN TERHADAP KOROSI

Plat kapal harus tahan terhadap korosi yang disebabkan oleh air laut. Oleh karena itu, pemilihan material yang tepat sangat penting. Baja karbon, baja tahan karat, atau aluminium adalah beberapa material yang sering digunakan.

6. PENYESUAIAN BENTUK

Plat kapal dapat dibentuk sesuai dengan bentuk dan kebutuhan tertentu dalam konstruksi kapal. Mereka dapat dipotong dan dibentuk untuk sesuai dengan desain yang diinginkan.

7. PENYESUAIAN KEKUATAN

Plat kapal harus memiliki kekuatan yang sesuai dengan kebutuhan spesifik kapal. Ini mencakup ketahanan terhadap tekanan air laut, kekuatan struktural, dan daya tahan terhadap stres.

Fungsi-fungsi ini menjadikan plat kapal sebagai komponen penting dalam pembangunan kapal. Mereka tidak hanya memberikan struktur dasar, tetapi juga mempengaruhi berbagai aspek kinerja dan keamanan kapal di lingkungan laut yang keras. Oleh karena itu, pemilihan, pembuatan, dan perawatan plat kapal sangat penting dalam industri maritim.

JENIS-JENIS PLAT KAPAL

Plat kapal tersedia dalam berbagai jenis, tergantung pada aplikasi dan persyaratan spesifik dalam konstruksi kapal. Apa saja jenis plat kapal yang utama? Berikut adalah beberapa jenis plat kapal yang umum:

  • Plat Galvanis: Plat kapal galvanis dilapisi dengan lapisan seng untuk melindungi dari korosi. Mereka sering digunakan di area yang terkena dampak air laut dan kondisi lingkungan yang keras.
  • Plat Baja Karbon Rendah: Plat ini terbuat dari baja karbon rendah dan cocok untuk konstruksi lambung kapal. Mereka memiliki kekuatan yang baik dan dapat ditempa dengan mudah.
  • Plat Baja Karbon Menengah: Plat ini memiliki komposisi baja karbon yang sedang dan digunakan untuk komponen struktural dalam kapal, seperti rangka dan penahan.
  • Plat Baja Karbon Tinggi: Dengan kandungan karbon yang tinggi, plat ini sangat kuat dan tahan terhadap tekanan dan keausan. Mereka sering digunakan di area yang memerlukan kekuatan ekstra, seperti bagian-bagian yang berada di bawah permukaan air.
  • Plat Baja Tahan Karat: Plat baja tahan karat sangat tahan terhadap korosi karena mengandung unsur seperti nikel dan kromium. Mereka umumnya digunakan di kapal penumpang dan kapal pesiar.

MATERIAL PLAT KAPAL

Bahan yang digunakan dalam pembuatan plat kapal harus tahan terhadap korosi dan tekanan air laut. Beberapa material umum yang digunakan meliputi:

  • Baja Karbon: Baja karbon adalah bahan yang paling umum digunakan dalam pembuatan plat kapal. Mereka dapat diperkuat dengan perlakuan panas dan pengerasan untuk meningkatkan ketahanan terhadap tekanan.
  • Baja Tahan Karat (Stainless Steel): Baja tahan karat digunakan di area yang membutuhkan ketahanan terhadap korosi tinggi, seperti lingkungan laut.
  • Baja Nikel: Baja nikel memiliki ketahanan terhadap suhu ekstrem dan korosi. Mereka sering digunakan di kapal yang berlayar di lingkungan kutub atau panas.
  • Aluminium: Aluminium digunakan untuk kapal-kapal ringan dan kapal kecepatan tinggi. Mereka memiliki kekuatan yang baik dan tahan korosi, tetapi kurang tahan terhadap goresan.

Shopping Cart