Apa Itu Besi CNP Dan Perbedaannya Dengan Besi UNP.

Besi kanal CNP adalah besi kanal yang mempunyai bentuk seperti huruf C. Besi kanal ini biasa dipakai di dalam bidang konstruksi, industri, dan otomotif. Panjang besi kanal CNP ini mencapai 6 meter. Sedangkan ukuran penampangnya sendiri bervariasi dengan panjang, lebar, dan tinggi yang berbeda-beda. Begitu pula dengan tingkat ketebalan besi kanal CNP ini pun bermacam-macam sesuai dengan peruntukannya.

Untuk pemanfaatannya sendiri Besi CNP memiliki berbagai fungsi, seperti

Pertama, Sebagai Penutup dinding. Terkadang, ada dinding yang ditutup oleh sesuatu yang tampak seperti logam. Jika Anda melihat penutup dinding seperti itu, maka bahan yang digunakan adalah besi cnp kanal c.

Kedua, Sebagai rangka atap. Biasanya, besi cnp kanal c bisa digunakan sebagai rangka atap bangunan. Pada umumnya, bagian rangka atap bangunan yang menggunakan jenis ini bisa dan banyak Anda temui jika mengunjungi kawasan gedung, pabrik, atau gudang. Besi ini akan dipasang menyerupai 2 sisi samping pada segitiga untuk menopang atap dari bangunan gedung, gudang, atau pabrik.

Ketiga,Sebagai purlin. Pada beberapa gedung, terdapat purlin atau balok dudukan penutup atap. Untuk membuat purlin ini, biasanya banyak pihak yang memilih bahan dari besi cnp kanal c yang dinilai kokoh dan bisa menopang berat benda di atasnya.

Keempat, Sebagai pagar. Besi cnp kanal c ini juga bisa digunakan sebagai pagar. Terdapat beberapa gedung yang memiliki pagar tinggi. Pagar tinggi yang terbuat dari bahan besi ini menggunakan besi cnp kanal c yang dinilai kokoh dan juga memiliki ketinggian serta bentuk yang memadai untuk difungsikan sebagai pagar pengaman.

Nah, setelah tahu fungsi Besi CNP, mari cari tahu bedanya dengan Besi UNP. Besi UNP sendiri adalah besi panjang dengan bentuk yang menyerupai huruf U. Dikenal juga sebagai Kanal U, Profil U, dan U-Channel.

Dari segi bentuk, Besi CNP berbentuk seperti huruf C sedangkan Besi UNP berbentuk seperti huruf U. Dari segi berat, Besi CNP lebih ringan karena besi CNP beratnya dari 9-55 kg sedangkan besi UNP memiliki berat 5-70 kg. Dari fungsi, Besi CNP digunakan sebagai Penutup Dinding, Rangka Atap, Purlin dan Pagar, sedangkan Besi UNP digunakan sebagai Penutup Atap, Penopang Jembatan dan Penutup atas saluran air.

Shopping Cart