Apa Itu Bondek atau Floordeck?

Dalam proses konstruksi bangunan, bondek menjadi salah satu material yang memegang peranan penting. Bondek atau biasa juga dikenal sebagai floordeck merupakan bahan bangunan pelapis dasar cetakan beton, yang berupa plat bergelombang. Memiliki fungsi sebagai pengganti besi serta papan atau triplek yang umumnya digunakan untuk pembuatan lantai cor saat membangun struktur bangunan bertingkat. 

Bondek atau floordeck termasuk dalam kategori baja ringan dan biasanya digunakan dalam proses pembuatan atap. Bondek terbuat dari galvanis atau aluminium yang membentuk lembaran dengan permukaan bergelombang. Saat digunakan, bondek menghadirkan kekuatan yang solid. Selain berperan sebagai alternatif untuk triplek, bondek juga berfungsi sebagai tulangan positif pada struktur beton.

Salah satu keuntungan bondek adalah efisiensi penggunaannya,yang dapat meminimalisir limbah material. Hal ini membuat bondek menjadi pilihan yang lebih diutamakan dibandingkan triplek. 

Ukuran bondek dapat disesuaikan dengan dimensi panjang, lebar, dan ketebalannya. Berbagai toko bangunan menyediakan variasi ukuran panjang, mulai dari 3 hingga 6 meter, serta lebar seperti 60 cm, 70 cm, 80 cm, dan 100 cm. Ukuran yang paling umum digunakan adalah lebar 100 cm, memberikan fleksibilitas dalam penggunaannya. Dengan demikian, bondek menjadi elemen penting dalam konstruksi modern yang membawa manfaat efisien dan fungsionalitas yang tak terbantahkan.

Shopping Cart