Apa itu Besi Hollow?

adalah kata dalam bahasa inggris yang artinya rongga. Dikatakan besi hollow karena bentuknya yang menyerupai pipa panjang yang berongga dengan diameter berbentuk segi empat sehingga banyak yang menyebutnya dengan sebutan pipa yang berbentuk kotak. Hollow ini termasuk salah satu kategori barang jadi baja ringan bernama partitioning di BLKP.

Besi hollow adalah jenis material konstruksi yang umumnya digunakan dalam berbagai proyek bangunan, terutama dalam pembuatan struktur rangkaian seperti tiang, balok, dan kolom. Istilah ‘hollow’ mengacu pada kata bahasa inggris yang memiliki arti ‘rongga’. Dikatakan besi hollow karena bentuknya yang menyerupai pipa panjang yang berongga dengan diameter berbentuk segi empat sehingga banyak yang menyebutnya dengan sebutan pipa yang berbentuk kotak.

Bagian rongga pada besi hollow mampu mengurangi bobot secara signifikan, namun tetap mempertahankan kekuatan struktural. Hollow termasuk salah satu kategori barang jadi baja ringan partisi (partitioning) di BLKP. Besi hollow dibuat melalui proses tekuk plat besi yang kemudian dilas untuk menyambungkan bagian-bagiannya.

Kalau berbicara mengenai keunggulan, besi hollow memiliki banyak sekali keunggulannya. Selain sebagai penopang plafon atau atap, besi hollow juga banyak dimanfaatkan sebagai salah satu bahan bangunan untuk membuat rangka kanopi, pagar, railing (media pengaman pada rumah bertingkat), teralis yang minimalis dan lain sebagainya. Besi hollow juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan utama untuk pemasangan panel gypsum dan panel GRC.

Selain itu, karena bentuknya seperti pipa kotak yang tegak, banyak kontraktor bangunan yang memanfaatkannya sebagai material dalam rumah (interior) dan furniture yang bergaya minimalis seperti yang saat ini sedang populer digunakan oleh banyak pemilik rumah.

Shopping Cart