Apa Saja Kelebihan Baja Ringan?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, baja ringan menawarkan kelebihan dalam proses pengolahan dan pemasangan. Tidak hanya itu, baja ringan sebenarnya memiliki segudang kelebihan lainnya yang membuat orang-orang menggandrungi bahan konstruksi bangunan satu ini. Berikut adalah beberapa kelebihan baja ringan:

1. Tegangan Tarik Yang Tinggi

Walau lebih ringan dari baja konvensional, baja ringan memiliki tegangan tarik yang lebih tinggi dari baja konvensional di angka 550 mpa. Apa artinya? Hal ini berarti baja ringan lebih lentur dan dapat Anda tarik sedemikian rupa tanpa khawatir kalau baja tersebut akan putus atau potong. Meski lebih lentur dari baja konvesional, baja ringan dinilai mampu menahan kestabilan bangunan dengan lebih baik dibandingkan baja konvensional.

2. Mudah Dipasang

Karena sifatnya yang ringan, Anda akan relatif lebih mudah memasang baja lainnya ketimbang baja konvensional atau materi lainnya. Bahkan, bukan tidak mungkin Anda bisa menyelesaikan satu konstruksi, semisal pembuatan pagar rumah, dari baja ringan seorang diri saking ringannya material ini.

Untuk menyambungkan baja ringan, Anda hanya membutuhkan baut, skrup, keling, dan mesin las. Proses pemasangannya yang mudah kemudian akan mempermudah Anda untuk membuat desain yang menarik. Misalnya, Anda bisa leluasa membentuk rangka atap baja ringan di rumah Anda dengan mudah.

3. Bentuk Bervariasi

Seperti yang sudah disebutkan, baja ringan relatif mudah diolah jika Anda membandingkannya dengan beberapa material lain yang serupa. Hanya saja, Anda harus tetap memastikan apakah baja ringan dapat menahan beban dari desain atau kreasi Anda.

4. Tahan Karat

Rayap atau karat adalah salah satu musuh terbesar dari material. Hal ini adalah salah satu alasan mengapa orang-orang berpaling dari rangka atap kayu. Dengan rangka atap baja ringan, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan masalah tersebut.

Belum lagi kalau Anda menggunakan jenis baja ringan hollow galvalum yang memiliki lapisan seng dan membuatnya anti karat. Anda kini hanya cukup memberikan sentuhan akhir dengan mengecat rangka atap baja ringan atau furniture lainnya dari baja ringan dengan cat pelapis sebagai perlindungan ekstra.

5. Daya Tahan Tinggi

Seperti baja pada umumnya, baja ringan memiliki daya tahan yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan material lainnya. Hal ini karena baja ringan, seperti jenis baja ringan hollow atau galvalum, memiliki lapisan seng atau alumunium serta zinc yang dapat membuat keduanya bertahan dari serangan matahari dan air hujan.

6. Dapat Diolah Kembali

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, baja ringan adalah salah satu material konstruksi bangunan yang relatif mudah diolah. Hal ini membuat Anda tidak usah khawatir bilamana Anda mendapati kelebihan pada jumlah baja ringan dalam konstruksi Anda.

Anda tinggal mengolahnya menjadi hal lain, seperti furniture, pagar, atau menyimpannya kembali untuk digunakan pada konstruksi lainnya.

Shopping Cart