Pengertian Pipa Besi Keunggulan Dan Fungsinya

Pengertian Pipa Besi

Pipa besi di telinga Anda pasti tidak asing lagi. Pipa besi adalah sebuah besi yang didalamnya terdapat rongga untuk menyalurkan air, gas, udara, uap, dan lainnya.

Fungsi Pipa Besi

Sebelum dijelaskan pasti anda sudah paham apa fungsi dari pipa besi. Pipa besi memiliki fungsi utama untuk mengalirkan air, udara, dan gas. Tetapi pipa besi memiliki fungsi-fungsi yang lain. Seperti digunakan untuk plafon, koridor, knalpot, dan lain-lain.

Untuk dapat menemukan pipa yang cocok dengan yang anda cari, anda harus paham tentang macam-macam pipa besi. Macam-macam pipa besi sebagai berikut;

Macam-Macam Pipa Besi

  • Pipa Galvanis

Dari semua pipa, pipa Galvanis merupakan salah satu jenis pipa terbaik yang telah melalui proses galvanis dengan cara dilapisi cairan yang terbuat dari seng.

Lapisan seng ini dapat membantu pipa galvanis menjadi tahan karat dan anti korosi sehingga penggunaannya menjadi lebih tahan lama.

Dengan adanya lapisan seng, pipa bisa bertahan di iklim dan cuaca yang ekstrem dan juga berubah-ubah. Pipa memiliki banyak jenis dan kegunaan yang bermacam-macam. Mulai dari menyalurkan gas, udara, air, maupun saluran pembuangan.

  • Pipa Hollow

Pipa Hollow memiliki bentuk kotak, sehingga sering juga disebut pipa kotak. Pipa ini biasanya digunakan dalam pembuatan pagar rumah, plafon rumah maupun membuat kanopi rumah.

Pipa hollow memiliki banyak keuntungan seperti mudah dalam hal pemasangan-nya, kuat, tidak mudah lapuk, dan juga keuntungan yang paling baik adalah besi ini tahan terhadap api.

  • Pipa Oval

Selain bentuk bulat dan kotak pipa memiliki bentuk oval. Pipa ini memiliki banyak sekali macam ukuran. Pipa oval biasanya digunakan dalam perindustrian otomotif, furniture, maupun fashion.

Penggunaannya seperti menjadi pipa knalpot, pembuatan meja, kursi, dan perabotan lainnya juga dalam pembuatan rak untuk baju.

  • Pipa Ductile

Pipa Ductile memiliki ketahanan pipa yang sangat kuat dan tidak mudah berkarat. Pipa ini biasanya digunakan untuk penyaluran air dalam jumlah besar.

Pipa ductile bisa dibilang sudah melalui proses yang panjang sampai bisa menjadi besi yang kuat, berdaya tahan tinggi dan tahan karat.

Sekarang pipa ductile memiliki banyak macam ukuran, sehingga Anda bisa memilih ukuran yang Anda inginkan.

  • Pipa Ulet

Dari semua pipa, pipa ulet termasuk pipa yang populer. Pipa Ulet bisa dibilang adalah pipa besi cor yang campuran-nya terdiri dari grafit dan besi.

Pipa ulet merupakan pipa yang kuat lebih dari pipa besi cor biasa karena dibuat dengan teknologi sentrifugal yang maju. Pipa besi ini juga memiliki keuntungan tingkat korosi yang rendah dan tahan dengan benturan.

  • Pipa Welded

Pipa Welded merupakan pipa yang tergolong unik dalam proses pembuatan-nya. Pipa ini terbuat dari sebuah pelat yang di lengkungkan dan di las untuk mendapatkan pipa bulat.

Pipa Welded unik dari pipa lain, karena di pipa ini akan terbentuk garis lurus yang diakibatkan oleh bekas dari las. Tetapi kadang akan ada pipa yang memiliki garis lurus yang samar dikarenakan pipa ini dipanaskan di suhu yang tinggi.

Untuk pengerjaan Pipa Welded hanya perusahaan yang memiliki sertifikat untuk memproduksi pipa ini. Mengapa harus memiliki sertifikat?

Karena jika terjadi kebocoran di pipa Welded akan dapat meledak dan membahayakan semua orang.

  • Pipa Seamless

Pipa Seamless bisa disebut dengan pipa yang tidak memiliki sambungan. Kenapa bisa tidak memiliki sambungan? Karena pipa ini dilubangi dengan cara melubangi sebuah silinder. Sehingga menghasilkan pipa yang utuh.

Untuk harga dari pipa Seamless termasuk pipa yang cukup mahal, tetapi pipa ini memiliki keunggulan yang tahan lama.

  • Pipa ERW

Pipa ERW memiliki singkatan yaitu Pipa Electric Resistance Welded dan pipa ini dibuat dengan melalui pengelasan listrik. Pipa ini dalam proses pembuatan-nya memanfaatkan ketahanan dari dua permukaan logam.

Untuk kegunaannya pipa ERW dibedakan dengan standar penggunaannya. Kegunaan pipa ERW seperti saluran air bersih, saluran gas, saluran udara, saluran uap, tiang pancang bangunan, dan lain-lain.

Keunggulan Pipa Besi

Setiap barang pasti memiliki keunggulan masing-masing. Keunggulan dari pipa besi seperti tahan karat, tahan korosi, tidak mudah bocor, mudah dalam pemasangan, tidak memiliki sambungan.

Keunggulan pipa besi satu dengan yang lainnya juga berbeda-beda tergantung banyak aspek. Sehingga jika Anda memilih pipa sebaiknya mengetahui macam-macam dari pipa besi tersebut dengan lebih detail.

Kekurangan Pipa Besi

Pipa besi memang memiliki banyak keunggulan, tetapi juga memiliki kekurangan. Kekurangan yang sangat menonjol adalah beratnya pipa besi ini sangat berat dan besar dan untuk harga pipa besi tergolong sangat mahal.

Shopping Cart