Apa Itu Baja Ringan?

 – Banyak dari masyarakat kita belum mengenal dari baja ringan mulai dari bentuk, ketebalan dan juga kualitas dari baja ringan

Baja ringan merupakan baja karbon yang memiliki sifat kaku dan kuat sehingga banyak digunakan untuk keperluan konstruksi bangunan. Baja ringan mempunyai feromagnetisme yang berarti bisa juga untuk digunakan sebagai rangka mobil, membuat peralatan listrik dan senjata api.

Baja Ringan yang akan kita bahas tentunya berkaitan dengan kebutuhan konstruksi bangunan.

Baja Ringan merupakan revoluasi perkembangan bangunan, yang awalnya pembangunan biasanya mengunakan kerangka atap mengunakan kayu. Tetapi kayu secara lambat dari tahun ketahun mulai ditinggalkan.

Hal ini terjadi karena kayu semakin mahal, karena kesediaan dari kayu juga semakin susah. Kayu berasal dari pohon yang ditebang dan membuat pohon – pohon semakin berkurang. Walaupun di tanam kembali tetapi membutuhkan waktu yang cukup lama.

Dan akhir – akhir ini juga susah kita untuk menemukan kayu dari kualitas pohon yang terbaik, sehingga mengakibatkan balokan dengan kayu riskan dari patah yang diakibatkan kayu.

Selain itu pembangunan mengunakan kayu, yang mengakibatkan kayu termakan oleh rayap, rayap sangat senang memakan kayu sehingga kayu yang digunakan akan Habis.

Pembangunan dengan metode kayu tentunya sangat melelahkan kedepan nya nanti, karena kita harus menganti kerangka atap kita. Belum lagi karena lapuknya kayu karena proses waktu mengakibatkan kayu menjadi lapuk.

Dari beberapa permasalahan kayu diatas mengakibatkan orang harus berpindah dari mengunakan bahan dasar kayu ke bahan dasar yang tidak meresahkan pemilik bangunan.

Lalu Bagaimana Solusi dari kerangka mengunakan Kayu?

Solusi nya adalah dengan mengunakan Baja ringan, Rangka atap mengunakan bahan baja ringan ialah sebuah perkembangan bahan bangunan terbaru, struktur atap dari sektor konstruksi bangunan mengunakan konstruksi baja yang kuat tetapi ringan. Baja ringan merupakan material terbuat dari bahan dasar Carbon Steel.

Bahan dasar dari Baja ringan sendiri ini tahan terhadap korosi atau sering juga disebut dengan anti karat, karena bahan dasar dari baja ringan juga dilapiskan Almunium.

Istilah Baja ringan sendiri juga memiliki istilah yang berbeda – beda orang dalam penyebutnya. Ada beberapa orang menyebut baja ringan dengan sebutan Kanal C, CNP Baja Ringan, C Galvalum, C 75 dan ada beberapa sebutan lainnya.

Dengan adanya istilah tersebut kita harus paham, yang dimaksud adalah Baja Ringan.

Shopping Cart