Apa itu Baja IWF dalam material konstruksi ?

Baja IWF adalah besi baja yang digunakan sebagai pengganti kolom dan balok beton konvensional pada bangunan, juga sebagai tiang pancang, balok, serta kantilever kanopi. IWF pada umumnya berupa balokan baja yang digunakan untuk balok, kolom, tiang pancang, support atas atau support bawah di balok komposite atau kolom, kantilever kanopi, dan berbagai struktur lain nya. Pengaplikasiannya sering digunakan untuk rangka bangunan, pembuatan gedung pabrik, atau bahkan rumah tinggal.

Sell and Buy Steel Wide Flange WF Size 198 x 99 x 4.5 x 7 mm – 12 M by CV. Antara Jaya Perkasa / Bengkel Bubut Antara - Medan , Sumatera Utara | Indotrading

Istilah lain dari material ini adalah Wide Flange ( WF ), WF, UB, UC, balok I, balok W.

Besi Baja WF (wide flange) adalah suatu jenis profil baja struktural yang paling sering digunakan untuk pembuatan konstruksi baja. Besi baja WF memiliki kekuatan yang tinggi pada daya tarik maupun daya tekan. Oleh karena itu besi WF menjadi elemen struktur yang memiliki Batasan yang sempurna, yang mampu menahan jenis beban Tarik aksial, tekan aksial, dan kelenturan yang sangat baik. Kepadatan Baja WF sangat tinggi, akan tetapi rasio berat antara kekuatan penyusun komponen Baja WF juga tinggi sehingga tidak memiliki beban yang terlalu berat dalam kaitannya dengan kapasitas muat beban.

Sistem konstruksi Baja WF bangunan merupakan kombinasi dari elemen struktur yang cukup rumiit. Dalam sistem struktur Baja WF beam, semua gaya yang bekerja pada bangunan, disalurkan ke pondasi. Berbagai beban dan gaya yang bekerja pada bangunan yang termasuk beban vertikal, horizontal, perbedaan suhu, geteran dan sebagainya dalam sebuah bangunan baja, saling menyatu dengan baik. Dalam sistem konstruksi baja selalu terdapat unsur-unsur yang berfungsi untuk menahan gaya gravitasi dan gaya lateral, sehingga bangunan konstruksi dapat berdiri dengan kokoh.

Baja WF (Wide Flange) dinamakan ‘Wide Flange’ sesuai dengan dimensinya ada bagian Wide (web) = Tinggi dan Flange = Lebar. Contoh dimensi 200×100. Setiap ukuran dimensi mempunyai ketebalan yang berbeda semakin besar ukuran (Dimensi) Maka semakin tebal pula web dan flange nya.

Shopping Cart