Cara Pemasangan Regel Baja yang Tepat

Cara Pemasangan Regel Baja yang Tepat


Metode pemasangan regel baja yang paling tepat adalah menggunakan teknik sambungan baut mur. Teknik pengelasan tidak cocok digunakan untuk memasang regel, baik regel tangkep dan regel ruji-ruji. Dua komponen yang harus disiapkan adalah baut mur dan pelat lekat dengan ketentuan sebagai berikut:


1. Memilih dan Memasang Pelat Lekat yang Cocok


Pelat lekat berfungsi sebagai penghubung antara kolom baja dengan batang regel. Pada pelat lekat inilah baut mur akan dipasang. Teknik untuk memasang pelat lekat ada dua cara yang disesuaikan dengan jenis regel sebagai berikut:

  • Pelat lekat dipasang dengan cara menyatu dengan batang regel. Teknik ini dapat dilakukan pada jenis regel tangkep. Komponen pelat lekat baja yang bisa digunakan untuk menyambung batang regel memiliki ketentuan tebal (t) lebih besar atau sama dengan tebal profil batang regel. 
  • Pelat lekat regel bisa dipasang ke komponen kolom baja WF. Teknik ini bisa dilakukan untuk jenis regel ruji-ruji. Komponen regel ruji-ruji yang dipasang ke komponen kolom baja WF berfungsi sebagai stiffner atau rib. Ketentuan teknik ini adalah tebal (t) pelat lekat harus mengikuti dimensi kolom baja WF. 


2. Memasang dan Memilih Baut Regel


Jika komponen yang akan digunakan berupa baut mur regel, maka pertama-tama Anda harus memilih jenis dan menghitung jumlah bautnya. Jenis baut yang digunakan terdiri dari dua macam yakni baut hitam diameter ½ inchi dan baut baja dengan diameter 5/8 inchi. Berikut ketentuan memilih baut regel:


a) Baut Baja Berdiameter 5/8 inchi (A325)


Jenis baut baja dengan diameter 5/8 inchi ditujukan untuk regel yang memiliki spesifikasi sebagai berikut:

  • Siku L 70 x 70 x 7 mm
  • CNP 200 ukuran 75 x 20 x 3,2 mm
  • WF belah CT 200 ukuran 100 x 5,5 x 8 mm
  • Baja UNP ukuran 125 x 65 x 6 mm (dengan panjang 6 m) atau ukuran lebih besar


b) Baut Hitam Berdiameter ½ inchi 


Jenis baut hitam yang memiliki ukuran diameter ½ inchi berlaku untuk regel yang dibuat dari material baja dengan spesifikasi di bawah ini:

  • Besi siku dengan ukuran L 60 x 60 x 6 mm
  • Kanal C yang memiliki ukuran kurang dari sama dengan CNP 150 ukuran 50 x 20 x 2,3 mm
  • Baja kanal U dengan ukuran kurang dari sama dengan UNP 120 x 55 x 6 m
  • WF belah CT 150 ukuran 75 x 5 x 7 m

Regel baja memiliki beragam fungsi pada konstruksi baja yang disesuaikan dengan jenis regel tersebut. Misalnya Regel ruji-ruji tidak hanya berguna sebagai pengaku saja namun juga dapat digunakan sebagai ventilasi cahaya dan udara di pabrik ataupun bangunan lainnya.

Shopping Cart