Apa itu Begel?

Apa itu Begel?

Istilah besi begel berasal dari bahasa Belanda “buegel”. Sedangkan di Inggris, elemen besi tulangan ini dikenal sebagai “brace”, “clip”, “strap”, atau “strirrups”. 

Begel adalah komponen struktur yang terbuat dari besi beton polos atau ulir yang digunakan sebagai sebagai penahan beban geser. 

Besi begel sesungguhnya mempunyai bentuk yang bermacam-macam mulai dari persegi, bentuk U, L hingga bulat. Namun besi begel yang paling banyak digunakan adalah bentuk persegi atau persegi panjang.

Selain itu, ada beberapa jenis tulangan begel terhadap balok, yaitu tulangan sengkang vertikal, spiral, maupun miring. Sedangkan ukuran kolom besi begel yang umum digunakan adalah persegi dengan ukuran 90mm x 90mm; dan persegi panjang dengan ukuran 90mm x 150mm, 90mm x 250mm, dan 90mm x 300mm.

Fungsi Besi Begel

Fungsi utama dari besi begel adalah sebagai salah satu material penyusun struktur konstruksi bangunan. Sedangkan fungsi turunan lainnya dari sengkang tulangan ini adalah sebagai kolom pengikat untuk menahan struktur tulangan utama besi beton.

Shopping Cart