Fungsi dan Kelebihan besi siku:

Fungsi dan Kelebihan besi siku:
1. Rak besi

Hal ini memang sering terlihat dan biasanya di lingkungan pertokoan maupun perkantoran. Rak tersebut dikonstruksi sedemikian rupa dengan besi siku yang kuat dan kokoh sehingga bisa menopang benda yang berat. Jadi tidak perlu khawatir jika menaruh beban yang banyak.

2. Pembuatan struktur menara tangki air

 Pembuatan struktur menara tangki air
Penggunaan besi siku untuk struktur menara tangki air hampir bisa ditemukan di setiap hunian. Tangki bisa dipakai dengan memanfaatkan kerangka ini. Menara tangki akan melibatkan besi siku yang kokoh agar tangki bisa berdiri stabil walaupun diletakkan jauh di atas tanah.

3. Teralis jendela

Teralis jendela
Bukan hanya digunakan sebagai kerangka pintu, besi siku juga bisa dimanfaatkan untuk teralis jendela. Teralis yang terbuat dari bahan ini akan menambah detail unik pada desain rumah dan mencegah tindak kejahatan seperti maling yang ingin menjarah rumah sasarannya.

4. Pagar hunian

Pagar hunian

Bukan hanya besi tempa maupun besi cor, material ini bisa dimanfaatkan untuk material pembuatan pagar rumah. Harganya yang tergolong ekonomis bisa membuat pagar rumah dengan tingkat ketahanan yang baik dan kuat. Cocok digunakan untuk hunian berkonsep minimalis maupun hunian bergaya Eropa. Tidak hanya itu bisa juga menyesuaikan pemilihan model besi siku baik itu yang berlubang maupun polos.

5. Konstruksi tangga

Konstruksi tangga
Secara umum tangga mempunyai sudut siku-siku pada anak tangganya. Proses pembuatan tangga ini dirancang dengan kokoh supaya bisa menjadi akses penghuni rumah dari satu lantai ke lantai yang lainnya. Besi siku akan dibutuhkan karena dapat difungsikan sebagai konstruksi tangga yang mempunyai kekuatan tangga menjadi prima. Cukup untuk menopang berat badan ketika penghuni rumah naik dan turun tangga.
Kelebihan dan kelemahan memakai besi siku:

KELEBIHAN

1. Ringan dan kuat

Besi siku bisa dikatakan mempunyai beban yang lebih ringan dalam berbagai dimensinya. Meskipun demikian, besi siku tidak kalah dalam hal kekuatannya. Penampangnya berbentuk L dan membentuk sudut 90 derajat membuat ti tingkat kekokohannya makin baik.

2. Dimensi yang bervariatif

Produk besi siku ini juga tergolong variatif sehingga konsumen bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya. Dengan standar panjang 6 m, varian ketebalan yang dimiliki bisa menjadi acuan untuk merancang bangunan secara lebih baik.

3. Mudah dibentuk

Besi siku memang relatif mudah untuk dikerjakan dan menghasilkan ukuran konstruksi sesuai dengan kebutuhan. Memotongnya juga tidak sulit. Cukup menggunakan alat pemotong besi seperti gerinda listrik maupun memotongnya secara manual. Besi siku juga bisa ditekuk menggunakan pencatok maupun alat lainnya.

4. Serbaguna

Besi siku bisa digunakan untuk berbagai macam proyek baik itu arsitektural maupun struktural, interior maupun eksterior secara umum maupun untuk keperluan komersial.

5. Anti karat

Besi siku terbuat dari besi flat yang diolah dengan pelapis anti karat. Oleh karena itu, besi siku tidak memerlukan perawatan khusus. Meskipun demikian, finishing anti karat harus tetap diberikan pada ujung-ujung yang terpotong, bagian tepi, dan lubang baut pada sambungan karena sekecil apapun bagian terbuka akan berisiko mengalami korosi yang berdampak terbentuknya karat. 
Itulah mengapa besi siku ini sering dipilih untuk digunakan sebagai struktur konstruksi luar ruangan seperti rangka menara pemancar/tandon, gerbang, pagar dan lain sebagainya. Meskipun demikian, sebaiknya tetap berikan pelapis anti karat setelah pekerjaan selesai, terutama pada bagian setiap ujung besi siku yang terpotong dan lubang bautnya.

Shopping Cart